Beranda | Artikel
Mengejar Husnul Khatimah
Senin, 27 Mei 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Mengejar Husnul Khatimah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah tematik oleh Ustadz Dr. Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A. Hafidzahullah pada Senin, 17 Dzulqa’dah 1445 H / 25 Mei 2024 M.

Kajian Tentang Mengejar Husnul Khatimah

Ibnu Abi Mulaikah berkata, “Aku mendapati 30 orang sahabat nabi (di antaranya sahabat-sahabat senior), semuanya takut ada kemunafikan pada diri mereka.” Mereka tidak tahu tentang bagaimana akhir dari kehidupan mereka. Sementara Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إنما الأعمال بالخواتيم 

“Sesungguhnya amalan tergantung dari penutupnya.” (HR. Bukhari)

Penutup amalan seorang itulah kesimpulan dari amalan dia selama dalam hidupnya. Inilah yang menggelisakan para Shalihin. Sebagaimana kata Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala, “Sungguh rasa takut terhadap penghujung telah mematahkan punggung-punggung orang-orang yang shalih.” Mereka gelisah dengan akhir kehidupan mereka.

Karenanya tidak kita dapati para Shalihin mereka PD masuk surga, bahkan para sahabat yang telah dijamin masuk surga, mereka tetap khawatir tentang akhir mereka.

Lihatlah contoh nyata Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu yang memiliki segudang pujian dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di antaranya nabi mengatakan, “Umar di surga.” Bahkan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam hadits yang lain mengatakan, “Umar akan mati syahid.” Ketika Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam naik di atas gunung bersama Abu Bakar, Umar dan Utsman, maka gunung Uhud bergetar. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata, “Wahai Uhud, tenanglah engkau, sesungguhnya yang sedang berada di atasmu adalah seorang nabi, seorang siddiq , dan dua orang yang mati syahid.” Dan benar Umar akhirnya mati syahid.

Setelah semua berita ini, apakah Umar kemudian PD? Ternyata tidak. Ketika beliau dalam kondisi akan meninggal dunia, beliau diletakkan di tempat tidur, maka orang-orang pun berdatangan. Ada seorang yang memuji Umar dengan pujian yang luar biasa. Umar Radhiyallahu ‘Anhu menjawab, “Aku hanya berharap impas dengan pujian-pujian tersebut.” Beliau tidak PD dengan segudang pujian yang Nabi berikan kepadanya. Padahal sudah tampak di hadapan dia Husnul Khatimah. Tapi tetap tidak ada sombong bahwasanya beliau pasti masuk surga.

Inilah seorang wali dari wali-wali Allah yang sesungguhnya, yang mengerti betul tentang keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahwasanya apa yang kita lakukan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari sini kita tahu bahwasanya yang menggelisahkan orang-orang Shalih adalah mereka tidak tahu tentang kesudahan mereka.

Lalu bagaimana kiat-kiat Mengejar Husnul Khatimah? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54188-mengejar-husnul-khatimah/